Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport Sensasi Mobil Balap

 

wisatajawa.co.id-Jagat otomotif di Indonesia belum lama ini dihebohkan oleh kehadiran SUV (sport utility vehicle) ukuran kompak keluaran Mitsubishi. Namanya Outlander Sport.

Betapa tidak. Mitsubishi selama ini dikenal cukup mapan dengan pencitraannya sebagai produsen SUV legendaris Pajero Sport.

Outlander Sport merupakan kendaraan penumpang yang memadukan performa ketangguhan Mitsubishi Pajero Dakar serta dibalut dengan kenyamanan maksimal sedan premium tetapi berukuran lebih ramping (smart size).

Perpaduan performa ini terasa kuat menjiwai ketika dijajal di kawasan perkotaan, terkesan tangguh, nyaman dan stylish tetapi tetap dapat diandalkan pada medan dengan kondisi jalan yang lebih berat.

Pengalaman subjektif membuktikan kenyamanan itu ketika mengendarai Outlander Sport tipe PX A/T 4×2 (tipe termahal) bertransmisi otomatis dari Jakarta ke Pusat Pelatihan Multifungsi Polri, Cikeas, Gunung Putri, Bogor.

Sejak bendera start dikibarkan oleh Direktur Pemasaran PT KTB Rizwan Alamsyah dari pelataran parkir Beer Garden, SCBD, penulis berkesempatan langsung menjajal sentuhan awal pada kabin kemudi.

Antara posisi jok kulit, setir, panel elektronik, persneling, rem, dan gas, serasa bersandar dalam kemewahan kabin kemudi sedan All New BMW Seri 3.

Itulah sebabnya sejak awal hingga berhenti di markas pelatihan aparat ber­seragam cokelat tersebut, penulis seolah-olah dibius untuk tidak terburu-buru angkat kaki dari kursi kemudi barang sejenak.

Dua rekan lain semobil sepanjang perjalanan terlibat perbincangan yang hangat dan renyah sambil sesekali menikmati pemandangan langit dari atap mobil yang terbingkai oleh panoramic glass roof. Atap kaca ini dapat dibuka-tutup sesuai dengan selera.

Sesampainya di Lapangan Multifungsi Polri, sengatan terik matahari datang menyambut. Namun, KTB tetap mengajak puluhan jurnalis merasakan sensasi balap di lapangan yang telah direkayasa menjadi sirkuit mini.

Pereli Dunia

Tiga pereli tingkat dunia pun dihadirkan untuk menjajal ketangguhan manuver Outlander Sport. Ketiganya adalah Subhan Aksa, Rifat Sungkar, dan mantan pereli Paris-Dakar Hiroshi Masuoka.

Tiga pereli inilah yang menggilir se­ki­tar 30 jurnalis merasakan ketegangan de­mo drive pada sirkuit dadakan yang pe­nuh dengan tikungan tajam itu. Un­juk kebolehan drifting itu seluruhnya meng­gunakan model Outlander Sport tipe ter­bawah yaitu GLX transmisi manual.

Penulis berkesempatan drifting bareng Masuoka. Pada usia yang telah memasuki 50-an tahun, pria yang telah 20 kali tampil dalam reli Dakar ini masih tampak energetik dan ramah.

Alasannya tak lain lantara pengalaman Masuoka yang matang sehingga mobil ini seperti mainan baginya.

Di balik senyum ramahnya, Masuoka ternyata sangat ganas ketika memacu SUV itu hingga mesinnya meraung-raung. Tak sadar ternyata perputaran mesin telah menembus sekitar 5.000 rpm.

Ketakutan yang pada awalnya sangat besar tiba-tiba sirna ketika penulis mengambil posisi berada di sebelah pembalap top itu. Selain itu, tingkat keamanan Outlander Sport sangat tinggi karena dibekali dual SRS (supplementary restraint system) yang memberikan perlindungan pada pengemudi dan penumpang ketika kecelakaan.

Di tangan pereli ini, seluruh fitur keamanan standar berfungsi optimal seperti rem ABS (antilock braking system) yang dapat mempertahankan kontrol kemudi dan EBD (electronic brakeforce distribution) untuk meningkatkan kekuatan pengereman.

Pada trek tikungan tajam yang sangat berbahaya, Masuoka tetap memacu mobilnya pada kecepatan sekitar 100 km per jam sebelum mendadak ngerem. Namun, tangan kirinya sambil memainkan rem tangan dan persneling, sedangkan kedua kakinya mengatur kopling dan irama gas supaya mobil tetap bisa berakselerasi.

Kebisingan itu di dalam kabin tidak terlalu kentara dibandingkan dengan berada di luar.

Ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan (1,97 ton) tidak lantas mem­buat mobil ini hilang ke­tangguhannya. Justru mobil seperti ini sangat gampang dikendalikan meski pada medan yang buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *